Jumat, 09 April 2010

Etika dan Profesionalisme dalam Berteman


Etika dan Profesionalisme dalam Berteman
Dalam bersosialisasi dengan masyarakat luas, kehidupan manusia memiliki berbagai ragam kendala, khususnya dalam mencari teman. Untuk melakukan pertemanan yang sehat dan baik banyak hal yang perlu diperhatikan untuk berteman. Etika dalam berteman tampaknya sangat mutlak diperlukan.
Nama etika berada di mana-mana, tidakpeduli tempatnya. Ditempat kerja, tempat makan, tempat ibadah, tempat bisnis, di media, bahkan dirumah sakit pun juga terdapat etika, semuanya mempunyai bentuk dan rupa tersendiri. Lain tempat maka etika yang dipakai juga berbeda, tergantung dengan situasi dan kondisi.
Arti etika sendiri berasal dari Bahasa Yunani Etimologi yang kurang lebih sebagai ethos, yang berarti merupakan watak kesusilaan atau adat-istiadat, ini jelas ada hubunganya dengan moral yang berarti adat-istiadat atau cara hidup seseorang dengan melakukan perbuatan atau kesusilaan. Moral dan etika berbeda, etika lebih menekankan pada pengkajian sistem nilai-nilai yang berlaku. Sedangkan moral adalah untuk menilai perbuatan yang dilakukan.
Sedangkan yang dimaksud dengan profesionalisme menurut saya adalah memelihara kompetensi profesi, memahami hukum yang terkait, menghargai dan melindungi kerahasiaan pribadi, menghindari merugikan pihak lain, dan menghargai hak milik.
Dalam hal pertemanan etika dan profesionalisme itu adalah dua hal yang harus dijaga dan di jalani, karena etika an profesionalisme tersebut berhubungan dengan tindak tanduk atau tingkah laku kita.
Contoh etika pertemanan dan profesionalisme yang berhubungan dengan TI (Teknologi informasi) adalah :
- Menyalahgunakan E-mail teman kita, yang sebelumnya kita sudah mengetahui nama dan passwordnya (tidak melindungi kerahasiaan pribadi teman kita)
- Menyalahgunakan semua konteks yang berhubungan dengan TI
- Tidak memelihara kompetensi Profesi antar teman.
- Tidak menghargai tulisan orang lain yang di posting di internet
- Dan masih banyak lagi etika dan profesionalisme yag lain

Tidak ada komentar: